Kamis, 03 November 2016

Cerita di Balik Mozaik Indah Peninggalan Yunani Kuno

"Cerita di Balik Mozaik Indah Peninggalan Yunani Kuno Kota kuno di Yunani, Paphos Siprus, miliki histori unik. Dulunya, kota itu pernah mempunyai vila paling baik di Mediterania Timur yang di bangun oleh Gubernur Romawi sekalian bangsawan kaya pada saat itu.

Lantai vila itu berhias seni mozaik indah yang melukiskan adegan mitologi Yunani. Mozaik-mozaik itu merepresentasikan dewa serta dewi Yunani, pahlawan bersama kehidupan keseharian.

Mozaik di buat dari batu marmer, batu tesserae kecil, serta kaca, membuatnya semakin indah, berwarna-warni. Bagian-bagian peninggalan vila, termasuk juga lantai mozaik banyak diketemukan arkeolog waktu lakukan penggalian sepanjang lima puluh th. paling akhir. Sampai saat ini, penggalian website sama masihlah selalu dilanjutkan.

Mozaik bisa disaksikan pada empat tempat tinggal yakni Dionysus, Orpheus, Aion, serta Theseus. Rumah-rumah itu dinamakan sesuai sama gambar mozaik yang diketemukan di dalamnya.

Tempat tinggal Dionysus yaitu yang paling besar serta diisi mozaik paling mengesankan. Keberadaannya paling mewakili Dionysus, Dewa Anggur Yunani Kuno. Tempat tinggal ini di bangun pada akhir era ke dua, serta disangka sudah hancur ditinggalkan sesudah gempa bumi menempa pulau di era ke-4 Masehi.

Mozaik lain melukiskan adegan-adegan mitologis, berburu serta nuansa vintage. Mozaik ini meliputi sekitaran 550 mtr. persegi lantai.  Sedangkan keputusaan untuk penamaan tempat tinggal Orpheus di ambil berdasar pada penemuan mozaik paling utama dirumah itu. Mozaik melukiskan Orpheus dikelilingi oleh binatang-binatang yang mendengarkannya bermain kecapi.

Lalu, tempat tinggal Theseus yaitu vila Romawi paling besar yang diketemukan di Siprus. Bangunan ini didirikan pada era ke-2 serta dipercaya jadi tempat tinggal gubernur. Mozaik ditempat ini tunjukkan Theseus membunuh Minotaur. Tetapi sayangnya, mozaik tampak kurang tertangani.

Paling akhir yakni tempat tinggal Aion yang memiliki ukuran paling kecil serta pada intinya diisi satu mozaik besar yang menghadirkan lima adegan. Dibagian kiri terlihat Leda serta Zeus menyamar sebagai angsa. Di pojok kanan atas yaitu gambar dari bayi Nimfa dengan bayi Dionysus. Sedang gambar dibagian tengah tunjukkan satu kontes kecantikan yang meletakkan Aion sebagai juri.

(Sumber : Amusingplanet. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar