Jumat, 18 November 2016

Festival Yadnya Kasada Bromo Bikin Media Asing Terpesona

"Festival Yadnya Kasada Bromo Bikin Media Asing Terpesona Pesona Gunung Bromo demikian memikat, tidak cuma didalam negeri, namun juga tersohor sampai ke negeri manca. Beberapa waktu terakhir, gunung berapi aktif di Pulau Jawa ini mengadakan Festival Yadnya Kasada. Hajatan tahunan yang sakral untuk masyarakat setempat ini disorot beragam media asing.

Ketinggian 2. 300 mtr. jadi titik yang paling favorite gunung ini. Sebab, pada ketinggian itu, mata pelancong bakal dimanja oleh panorama indah. Diluar itu, juga jadi tempat paling strategis untuk melihat kemegahan matahari terbit.

Untuk menuju Gunung Bromo, wisatawan mesti melewati lautan pasir terlebih dulu. Dataran tandus berpasir ini adalah tempat tinggal untuk sekitaran 90. 000 orang Tengger. Tiap-tiap th., mereka lakukan perjalanan dari desa paling dekat ke atas gunung.

Beberapa orang Tengger itu melaksnakan ritual Yadnya Kasada yang berjalan sepanjang sebulan. Warga bakal menghadirkan makanan lewat cara dilempar kedalam kaldera gunung berapi yang masihlah selalu aktif.  Selain hasil bumi, hewan ternak seperti kambing, ayam, serta sapi, juga jadikan persembahan.

Festival diadakan oleh Pura Mulia Ponten, yakni satu candi Hindu yang ada diatas lautan pasir. Pada proses hari ke-14, suku Tengger bakal berkumpul di Pura untuk memohon karena sesuai sama kepercayaannya. Kemudian, prosesi pelemparan persembahan bakal diawali di tepian kawah.

Gunung Bromo adalah anak bungsu dari sebagian gunung berapi yang ada di lokasi Tengger. Waktu berlangsung letusan, kawah bakal pancarkan asap tidak tipis berwarna putih serta beraroma belerang.

Walau beresiko, warga tetaplah nekat turun ke pinggir kawah lantaran diakui bakal membawa keberuntungan buat mereka. Sedang sebagian orang tampak ada yang bertugas untuk menangkap benda yang dilempar memakai jaring.

Sumber : amusingplanet

 

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar